Mana yang Lebih Bergizi, Soto Daging atau Soto Ayam


Jakarta - Hidangan berkuah hangat ini enak dinikmati sepanjang hari. Satu mangkuk merupakan sajian komplet dengan karbohidrat, protein dan vitamin serta mineral dari sayuran. Soto ayam dan soto daging keduanya sama enak. Mana yang lebih bernutrisi?

Bahan utama yang sering dipakai untuk meraci soto adalah daging sapi dan daging ayam. Bukan hanya dagingnya, jeroan sapi seperti paru, babat, iso dan limpa juga jadi isian. Demikian juga dengan usus ayam, hati dan ampela serta telurnya ikut melengkapi sajian soto ayam.

Soto daging biasanya diisi dengan potongan daging bentuk dadu atau tetelan sapi, taoge, kol, seledri, taburan daun bawang dan bawang goreng. Untuk melengkapi hidangan soto daging biasanya ditawarkan pula nasi atau ketupat untuk asupan karbohidrat.

Untuk satu porsi soto daging dengan takaran 250 gram daging tetelan sapi
tanpa nasi mengandung kalori 317,3 kkal, protein 5,44 gram, lemak 25,22 gram, karbohidrat 8,51 gram, dan serat 0,41 gram.

Daging sapi merupakan sumber mineral seperti zat besi, kalium, magnesium, dan tembaga yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Dibandingkan dengan mineral yang berasal dari sumber nabati.

Selain soto daging, soto ayam juga tidak kalah populernya. Soto ayam biasanya diracik dengan isian kol, taoge, suwiran ayam, telur, bawang goreng, soun, dan diakhiri dengan siraman kuah kuning gurih.

Semangkuk soto ayam juga mempunyai nilai nutrisi yang cukup banyak. Per porsi soto ayam dengan isian komplit mengandung kalori 489,3 kkal, protein 14,2 gram, lemak 16,22 gram, karbohidrat 46,95 gram, dan serat 0,58 gram.

Kandungan protein didalamnya bisa memberikan energi untuk tubuh. Kandungan selenium bisa meningkatkan metabolisme hormon tiroid yang bisa mengendalikan metabolisme dan antioksidan untuk imunitas tubuh.

Soto ayam mengandung jumlah kalori yang lebih banyak dibandingkan soto daging. Untuk kebaikan protein, soto ayam bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa dipilih. Untuk kandungani lemak soto daging lebih tinggi dari soto ayam. Sedangkan dilihat dari kandungan serat soto ayam mempunyai kandungan serat lebih tinggi dari soto daging.

Tentunya nutrisi tersebut akan bertambah jika disantap dengan jeroannya atau pelengkap lainnya. Seperti telur rebus, perkedel, tempe goreng, dan kerupuk.

(odi/flo)

sumber : hxxp://food.detik.com/read/2013/04/02/110212/2209118/297/mana-yang-lebih-bergizi-soto-daging-atau-soto-ayam?d991104284top