Punya motor or kendaraan dengan kompresi tinggi tapi boros bensin?
itu mah wajar...
Punya motor or kendaraan yang sayang klo dikasih premium, tapi dompet tekor...?


ane kasih sedikit solusi aja supaya motor or kendaraan ente tetep sehat tapi kantong kita gak bolong...


Teknik ini udah lama n udah biasa dipake banyak orang, tapi ane mw share itung-itungannya supaya gampang buat ente.



klo gambar diatas gak kebuka :

Harga BBM per 6 Januari 2013 yah gan...
Klo emang ada perbedaan harga di wilayah tertentu, ane gak tau deh, SUMPAH...!

Ane buat ini di Excel, klo ada yang males buat Rumus/formulanya PM ane aja alamat emailnya nanti ane kirimin filenya klo lagi OL, jadi ente bebas buat ngotak-ngatik mw pake campuran kayak apa asal gak bikin campuran yg gampang meledak.....


Buat yang masih ragu or bingung, ane sertakan beberapa artikel tentang pencampuran premium dgn pertamax.


Spoilerfor pendapat kaskuser:

Quote:Original Posted By old.trafford
sbnernya banyak hal gan yg harus kita tau dulu kalo mao campur2 bensin trutama kompresi kendaraan (bisa liat d brosur or web)
kl kendaraan masih standar kita bisa pake acuan itu tp masalahnya kan kebanyakan kita udah ganti part yg KATANYA racing,..naahh itu jg mempengaruhi perubahan kompresi n kebutuhan pembakaran dlm mesin

kalo kendaraan yg kompresi rendah tp maksa pake oktan tinggi ya hasilny mesin pasti bakalan cpt trasa panas
sebaliknya
kalo kendaraan kompresi tinggi tp pake oktan yg gak seharusnya brarti umur piston bisa berkurang gan

sdikit saran dr ane, buat motor yg sering dipake dg keadaan basah (skr musim ujan gan) bakalan lebih enak kl pake oktan yg agak tinggi coz faktor cuaca mempengaruhi pembakaran dlm mesin

boleh kali gan taro pejwan
CMIIW yah

Quote:Original Posted By goodslife
emang bener tuh mencampur campur. kebetulan ane sudah biasa mencampur antara premium dengan pertamax +

Quote:Original Posted By tarjomasukkota
Nice Inpoh Gan..

Tambahin Gan:

Motor ane szk Skwave... 9,6:1 (klo gak salah )

Masalah konsumsi bensin campurdah ane konsul ma mekanik2 handal, dan 7 dari 10 bilang gpp, malah bagus..

idealnya memang pake pertamax... dan 1 tahun ane pake pertamax, tapi dikarenkan budget maka terpaksa dicampur, lalu tahun ke2 mulai pake campuran pertamax dan prmium, pas servis besar, mekaniknya bilang, bagus mas keraknya dikit, pake pertamax terus yah? gak bang campur2 aja.. ane bilang.
maka resultnya sebagai berikut (murni berdasarkan feeling, kecuali masalah konsumsi bensin ini ane itung pake rumus gan).



1. pertamax full : tarikan manteph, pemakaian normal 39km:1Liter
2. Premium full : tarikan biasa aja, 37,5:1 kadang 38:1
3. premium 2 liter, pertamax 1 L (2:1) , ini yg ane pake ampe sekrang .
4. Prmium 2 Liter pertamax plus 1 Liter : tarikan lumayan (masih enak pada poin 3), konsumsi bensin lupa ane itung, hehe

next mau coba campuran aala rumus agan deh.. thanks all.. love to share.. hidup kaskus   

Quote:Original Posted By foxhound2879
udah lama ane pake bensin campur gan motor ane ga ada masalah tuh

Quote:Original Posted By ahmadeathbat
tapi sepertinya beat ane dengan kompresi variabel 1:10 - 1:11 kayaknya lebih enak nyampur pertamax dengan pertamax plus

pertamax doang = ngelitik di rpm awal, mesin lebih halus di rpm tinggi
campur 1:1 = mantap
pertamax plus doang = tenaga kurang, getaran mesin lebih terasa

jadi pernyataan kompresi 1:10 keatas harus pake pertamax plus itu engga sepenuhnya benar. Karena prakteknya engga begitu, atau hanya permainan "marketing" supaya konsumen yang pake kendaraan bermotor motor dengan kompresi 1:10 beli pertamax plus atau sekelasnya.

tapi juga harus disesuaikan juga dengan desain mesin. Toh ninin250 karbu dengan kompresi 1:11,7 bisa minum pertamax tanpa ngelitik. atau variong125 dengan kompresi 1:11 bisa minum premium karena desain mesinnya, tapi tetap optimal dengan menggunakan pertamax.


motor injeksi sih aturan pake pertamax, bagus buat mesin n injektor,. tpi pertamax bikin tekor ƍαη,. Δηε seminggu pake pertamax abis 30 ribu, kalo premium cuma 10 ribu,.[/QUOTE]

Quote:Original Posted By daniist
ane dah pernah coba gan.dulu pas sma motor sering di pake buat beli perlengkapan buat hari-hari penting di sekolah,alhasil motor ane (mio) yang dari dulu di cekokin premium dapet cekokan pertamax dari sekolah,sebelum dapet campuran cuma tahan 2 hari bolak-balik rumah ke sekolah,setelah campuran bisa tahan 3 hari. sebenernya ane pingin campur terus, cuma karena pertamax udah 2x lipat premium terpaksa ane batalin niat ane.

Quote:Original Posted By PanieR23
wah ane juga pake cara kayak gini gan buat si kuda besi.
kan motor ane fulltanknya 3 liter kan, ane biasanya kalo ngisi tuh 10rb premium dan 10rb pertamax.
emank sih jadinya 20rb, tapi semenjak kayak gitu, motor ane mulus-mulus aj dicampur gitu dan malah agak irit motor ane.
tapi pas pake premium fulltank, motor ane jadi sedikit boros.
paling 3-4 hari udah harus ngisi lagi, kalo ane campurin pertamax jadinya 4-5 hari.
itu semuanya keadaan fulltank....

Quote:Original Posted By latif09
Nice share gan ....... kl sy senangnya pertamax + campur premium dengan perbandingan 50:50